menu melayang

22 Agustus, 2016

Menghindari Penipuan Ketika Ingin Belanja Online



Saat ini cukup banyak bermunculan website toko online yang bermunculan. Hal ini terkadang menyebabkan pengguna internet bingung saat ingin belanja online di toko online yang tepat. Banyaknya toko online menyebabkan terdapat oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal tersebut untuk berbuat kejahatan dengan melakukan penipunan. Sebagai konsumen yang pintar kita karus dapat mewaspadai transaksi jual-beli yang dapat merugikan Anda. Anda harus ekstra waspada dalam melakukan transaksi belanja online, apalagi belum mengetahui latar belakang toko online tersebut. Untuk menghindari penipuan yang mungkin saja terjadi dan akan bisa merugiakan Anda, Berikut ini ada beberapa
cara untuk menghindari penipuan saat belanja online.

1. Jangan mudah tergiur dengan harga miring
Terkadang terdapat toko online yang memberikan harga miring atau lebih rendah dibanding harga pasaran karena agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk lebih teliti dengan harga produk dan jangan terlalu percaya dengan produk yang dijual dengan harga yang terlalu murah.

2. Cermati informasi produk dan penjual
Perhatikan dengan benar produk yang akan Anda beli dan usahakan untuk membandingkan harga produk pada toko online lain untuk membedakan harga dan kualitas produk. Kemudian cermatilah toko online yang Anda kunjungi dengan melakukan pengecekan latar belakang perusahaan, penjual, tahun berdiri toko online dan testimoni. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menyimpulkan bahwa toko online tersebut benar-benar ada dan memang tidak melakukan penipuan.

3. Selalu waspada dengan barang palsu
Anda harus selalu waspada terhadap oknum toko online yang sengaja melakukan penipuan dengan memberikan barang palsu yang tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada website. Anda dapat memeriksa dan bertanya pada penjual agar lebih tau mengenai produk yang dibeli sehingga dapat mengetahui produk yang dijual asli atau palsu.

4. Hati-hati pencurian identitas
Saat pembelian produk di toko online, pastinya membutuhkan data pembeli dengan lengkap. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meminta kartu kredit atau debit Anda. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati saat berbelanja  online. Jangan sampai Anda mengirim uang pada rekening penjualan yang palsu yang hanya mencantumkan pembayaran hanya lewat pengiriman POS. Gunakan metode pembayaran yang aman dan terpecaya dengan menggunakan rekening bersama atau menggunakan pembayaran yang memberikan asuransi.

5. Barang tidak dikirim
Bila barang mengalami keterlambatan pengiriaman, usahakan untuk menghubungi custemer service toko online tersebut untuk mendapatkan informasi pengiriman barang. Produk tidak dikirim melebihi waktu yang ditentukan maka hal ini bisa jadi Anda mengalami penipuan. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dalam memilih toko online. Toko online yang terbaik adalah yang memberikan jaminan pengiriman barang dan memberikan jangka waktu pengiriman barang.

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp