menu melayang

25 Oktober, 2016

Mengembalikan Koneksi Sinyal Operator Yang Hilang


Bila sedang menggunakan Smartphone dan tiba-tiba sinyal hilang, hal tersebut tentu menjengkelkan bila terjadi. Masalah klasik tersebut memang terkadang pernah terjadi dan cukup mengganggu. Hilang sinyal operator terkadang juga terjadi saat menggunakan WiFi pada Smartphone. Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut, berikut penjelasannya.

1. Restart pada Smartphone
Anda dapat melakukan restart Smartphone dan ubah ke mode airplane, tunggu beberapa saat. Selanjutnya kembalikan kembali ke mode normal untuk mengembalikan sinyal. Pada dasarnya, Smartphone akan menangkap sinyal dari menara terdekat. Jadi bila Anda dalam situasi berpergian jauh, tentu Smartphone akan mencari sinyal dari menara operator yang lebih dekat. Jadi dengan melakukan restart maka Smartphone akan otomatis mencari sinyal dari menara terdekat.

2. Ganti tipe jaringan
Walaupun dalam suatu wilayah terdapat jaringan 4G dan sinyalnya lemah, maka Smartphone akan memilihnya sebagai jaringan utama. Untuk itu Anda perlu mengaturnya dengan cara manual untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Untuk mengaturnya, Anda dapat memilih Setting > More Networks > Mobile Network > Network Mode.

3. Pergunakan antena eksternal
Saat ini memang jarang sekali peggunaan antena eksternal untuk membantu mendapatkan sinyal. Namun jika perlu dilakukan, Anda dapat menggunakan antena sinyal bila pada daerah Anda sulit untuk mendapatkan sinyal. Anda bisa membeli antena sinyal pada toko Handphone atau tempat yang lainnya.

4.
Pergunakan aplikasi
Ada dapat menggunakan aplikasi untuk membantu meningkatkan sinyal Smartphone. Aplikasi OpenSignal dapat dimanfaatkan untuk mencari sinyal terbaik dari operator yang Anda gunakan. Pada aplikasi OpenSignal terdapat kompas yang dapat mengarahkan Anda untuk mencari menara seluler (BTS) yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.

5.
Pergunakan operator lainnya
Bila operator yang Anda gunakan sulit untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Solusi terakhir, Anda dapat menggunakan operator lain. Hal ini karena setiap operator memiliki menara yang berbeda-beda. Setiap operator memang  memiliki kekuatan sinyal yang berbeda-beda karena semua tergantung menara yang tersedia untuk mendapatkan sinyal. Jadi gunakan operator yang menurut Anda bisa mendapatkan sinyal yang bagus.

Semoga cara di atas dapat membantu Anda mendapatkan sinyal yang bagus. Bila cara-cara di atas tidak cukup membantu, kemungkinan sinyal operator sedang gangguan atau bisa jadi Smartphone Anda mengalami kerusakan. Selamat mencoba

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp