menu melayang

05 Oktober, 2016

Menghemat Paket Data Pada Smartphone Android


Siapa sih yang tidak mau kalau penggunaan paket data lebih hemat. Apalagi jika uang maupun budget yang Kita miliki terbatas untuk membeli kouta. Terkadang berbagai cara dilakukan untuk menghemat penggunaan paket data. Pada dasarnya untuk menghemat penggunaan paket data internet tidaklah terlalu sulit. Berikut ini beberapa cara ampuh menghemat paket data pada Smartphone android.

1. Jangan menggunakan background data
Background data dapat diartikan sebagai seluruh trafik internet yang berjalan meski Kita tidak menggunakan aplikasi. Contoh background data, seperti: singkronisasi email, pembaharuan feed, pembaharuan widget cuaca dan lain sebagainya. Untuk membatasi penggunaan background data, Anda dapat masuk pada Setting > Data Usage > Restrict Background Data. Anda juga dapat membatasi penggunaan background data pada tiap aplikasi dengan cara masuk ke Setting > Apps atau pilih salah satu aplikasi dan batasi volume background datanya.

2. Matikan Auto Update
Anda perlu mematikan fitur auto update pada aplikasi Play Store. Hal tersebut dilakukan untuk membantu menghemat data, sehingga kouta yang digunakan tidak terlalu boros. Bila fitur auto update aktif maka secara otomatis akan selalu ada pemberitahuan untuk mengupdate aplikasi. Untuk mematikan fitur auto update, Anda dapat membuka Play Store > Setting > Auto Update Apps > Pilih Do not auto-updates apps.

3. Batasi penggunaan kouta data pada aplikasi
Anda dapat mengecek aplikasi yang terdapat pada Smartphone untuk mengetahui berapa banyak konsumsi yang kouta data setiap aplikasi. Anda dapat mengeceknya dengan cara Setting > Data Usage > Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan. Untuk menggurangi penggunaan data yang berlebihan, Anda dapat menghapus beberapa aplikasi yang menggunakan paket data terlalu besar.  

Itulah beberapa cara untuk menghemat paket data pada Smartphone android. Semoga dengan cara di atas dapat membantu menurunkan penggunaan paket data yang berlebihan pada Smartphone android.

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp