menu melayang

20 November, 2016

Mengatasi Komputer Hang atau Restart Sendiri


Pernahkah Anda mengalami masalah ketika sedang menggunakan Komputer, misalnya: Komputer hang atau restart sendiri. Hal tersebut tentu akan mengganggu bila terjadi saat Anda melakukan aktivitas di depan Komputer. Komputer hang penyebabnya ada beragam macam, mulai dari masalah pada software maupun masalah pada hardware. Ketika Komputer mengalami hang, terkadang Kita bingung untuk mengatasinya. Berikut ini akan Kami jelaskan cara untuk mengatasi masalah Komputer hang atau restart tiba-tiba.

1. Coba untuk memeriksa kipas dan sirkulasi udara
Bila Komputer mengalami hang, Anda dapat memeriksa sirkulasi udara pada Komputer atau kondisi kipas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir suhu yang terlalu panas atau overheat pada komponen di dalam CPU. Komponen yang sering mengalami overheat pada CPU adalah prosesor.

2. Cek daya power supply
Power supply memang merupakan sumber daya utama yang dibutuhkan agar Komputer dapat digunakan. Untuk itu, Anda perlu memastikan kapasitas daya memenuhi kebutuhan agar Komputer tetap stabil saat digunakan. Bila kekurangan daya yang dipasok power supply maka dapat menyebabkan Komputer hang atau restart sendiri. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti power supply yang mempunyai kapasitas daya lebih besar.

3. Pastikan Komputer tidak terserang virus
Biasanya Komputer hang atau restart sendiri disebabkan oleh virus yang menyerang Komputer. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus. Sebagai langkah antisipasi, Anda juga perlu mengupdate antivirus agar mempunyai database antivirus terbaru.

Semoga dengan cara di atas dapat membantu mengatasi Komputer hang namun bila tidak cukup membantu, kemungkinan ada kerusakan pada komponen Komputer

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp