menu melayang

21 November, 2016

Prosesor Mudah Panas? Berikut Cara Mendinginkannya


Pernahkah Anda merasa kurang nyaman bila prosesor mudah panas?. Hal tersebut mungkin pernah dialami oleh pengguna Komputer. Bila prosesor panas berlebih maka dapat berpengaruh pada peforma dan kinerja Komputer terganggu. Kemampuan Komputer akan menurun secara drastis atau bahkan Komputer akan hang atau restart tiba-tiba. Terkadang berbagai cara dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, misalnya dengan membersihkan CPU.  Bila prosesor masih panas, berikut ini beberapa cara mengatasinya.

1Cek sirkulasi udara
Anda bisa mengecek sirkuasi udara pada CPU, apakah udara dapat keluar atau tidak. Bila ingin sirkulasi lebih leluasa, Anda bisa melepaskan salah satu kasing pada CPU. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kerapian dengan menata kabel dalam kasing agar tidak berantakan. Bila kebel tersusun dengan baik maka sirkulasi udara akan berjalan lebih lancar.


2. Bersihkan kipas dan heatsink
Anda dapat membersihkan heatsink bila kotor, hal ini dilakukan karena heatsink terbuat dari logam yang bersekat-sekat sehingga mudah mengumpulkan debu yang bisa menyumbat. Debu yang menyumbat dapat mengganggu angin yang dikeluarkan kipas. Anda dapat membersihkan heatsink dan juga kipas prosesor agar angin yang diperoleh lebih maksimal dan prosesor tidak mudah panas.  

 
3. Gunakan thermal paste yang berkualitas
Gunakan thermal paste atau pasta prosesor yang berkualitas sehingga suhu panas dari prosesor ke unit heatsink maksimal dan prosesor akan lebih cepat dingin. Thermal paste juga dapat berguna untuk mencegah terjadinya percikan yang mungkin terjadi akibat gesekan antara permukan prosesor dan unit heatsink.

Semoga cara di atas dapat membantu mengatasi masalah prosesor mudah panas.

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp