menu melayang

05 Desember, 2016

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Keyboard Tidak Berfungsi



 
Pernahkah Anda mengalami masalah ketika sedang mengetik pada Komputer maupun Laptop. Terkadang masalah tersebut bisa disebabkan karena Keyboard tidak berfungsi. Peran Keyboard memang cukup vital, oleh karena itu bila salah satu tombol tidak berfungsi maka bisa menyebabkan Kita bingung memperbaikinya. Ketika Keyboard sering digunakan maka tidak menutup kemungkinan tombol-tombol mengalami kerusakan. Tombol Keyboard tidak berfungsi bisa jadi karena terjadi masalah pada software atau hardware. Lalu apa saja antisipasi awal yang perlu dilakukan, berikut penjelasannya.

1. Cek Driver Keyboard
Cobalah untuk memeriksa Driver Keyboard dengan cara Pilih Start menu > Control panel > System and Security > System > Device Manager > Keyboards. Cek apakah terdapat segitiga kuning dengan tanda seru pada Driver Keyboard. Bila terdapat peringatan tersebut maka Anda perlu update Driver dengan mengunduh Driver sesuai dengan Komputer maupun Laptop Anda. 




2. Bersihkan debu
Usahakan untuk rutin membersihkan Keyboard karena bila tidak dibersihkan maka bisa menyebabkan tombol bisa macet saat ditekan. Untuk menyingkirkan debu, Anda dapat memiringkan Laptop atau Keyboard sekitar sudut 80 derajat dan bersihkan menggunakan kuas kecil. Namun sebelum membersihkan, usahakan Laptop dalam keadaan mati dan jika Keyboard Komputer maka lepaskan dulu USB dari CPU. Bila telah bersih, selanjutnya coba Anda kembali restart Laptop atau colokan kembali kabel USB Keyboard pada Komputer untuk mengecek apakah tombol telah berfungsi kembali.


3. Perbaiki di service center
Bila cara di atas tidak dapat memperbaiki Keyboard, solusi terakhir adalah memperbaikinya di service center resmi Laptop atau Komputer Anda. Namun bila Anda memang sedang memerlukan Keyboard  darurat dapat menggunakan Keyboard virtual dengan cara klik Start Menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.
 

Semoga dengan cara tersebut dapat membantu memperbaiki tombol Keyboard yang tidak berfungsi. Selamat mencoba.

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp