menu melayang

01 Juli, 2021

Cara Sederhana Dalam Membersihkan Lensa Kamera

Cara Sederhana Dalam Membersihkan Lensa Kamera

Bila Kita memiliki kamera yang mahal maka Kita akan merawatnya dengan baik. Namun ketika kamera mengalami kerusakan maka akan membuat Kita kecewa. Bagian penting yang perlu dirawat adalah bagian lensa kamera. 

Hal ini karena lensa kamera berperan penting dalam menangkap kejelasan, warna dan detail gambar yang dihasilkan dari kamera. Untuk itu perlu adanya perawatan yang tepat dalam menjaga lensa kamera agar tidak mudah tergores dan tetap awet digunakan. 

Berikut ini beberapa cara dalam membersihkan kamera yang benar.


1. Gunakan pembersih khusus kamera

Kini memang cukup banyak cairan pembersih yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan lensa kamera. Fungsi cairan pembersih adalah untuk membantu mengangkat kotoran debu maupun sidik jari ketika Kita tidak sengaja menyentuh layar kamera.

Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan cairan pembersih jangan terlalu banyak. Anda dapat menggunakan satu atau dua tetes dan usap dengan tisu atau kain pembersih dengan gerakan melingkar. Anda disarankan menggunakan tisu yang lembut agar lensa tidak mudah tergores. 

Untuk alternatif lain selain tisu, Anda dapat menggunakan kain microfiber. Kain microfiber dapat membantu membersihkan lensa kamera dari debu dan minyak yang menempel.

2. Gunakan Blower

Pada dasarnya blower dapat dimanfaatan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Namun Anda disarankan untuk menekan tombol blower beberapa kali hingga debu dapat keluar. Selanjutnya Anda dapat membersihkan kembali menggunakan tisu agar lebih bersih.

3. Gunakan Kuas

Jika tidak memiliki blower, Anda dapat menggunakan kuas. Namun tidak semua kuas dapat digunakan, Anda disarankan untuk menggunakan kuas yang memiliki bulu yang halus dan lembut agar kamera tidak mudah tergores. 

Dengan membersihkan dengan kuas maka, siku atau sudut yang sulit dibersihkan dapat dijangkau dengan kuas.

Itulah beberapa tips sederhana dalam membersihkan lensa kamera. Selalu jaga barang yang Anda miliki agar tidak mudah rusak saat digunakan. 

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

Blog Post

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top

Toko Online WhatsApp